About

Minggu, 13 November 2016

Formula Ms. Excel

        Formula dalam Excel merupakan rumus atau metode perhitungan data dalam sel. Dengan Formula kita dapat
membuat perhitungan menggunakan rumus untuk mengolah data di dalam Excel. Penulisan di Excel diawali dengan tanda "=". Formula di Excel memiliki fungsi dan format penulisan yang sudah didefinisikan secara otomatis.
  1. Operasi HitungDigunakan untuk melakukan perhitungan dalam sel.

    Operator
    Nama
    Fungsi
    Contoh Penggunaan
    +
    Plus
    Penjumlahan
    =1+1
    -
    Minus
    Pengurangan
    =2-1
    *
    Asterisk
    Perkalian
    =4*4
    /
    Slash
    Pembagian
    =4/4
    ^
    Caret
    Perpangkatan
    =4^3
    %
    Persen
    Persentase
    =85%
    Lebih besar dari
    Menyatakan lebih besar dari
    =6>2
    Lebih kecil dari
    Menyatakan lebih kecil dari
    =3<8
    >=
    Lebih besar sama dengan
    Menyatakan lebih besar sama dengan
    =4>=2
    <=
    Lebih kecil sama dengan
    Menyatakan lebih kecil sama dengan
    =2<=4

  2. Fungsi Text
    Digunakan untuk mengelola data teks.
    • CONCATENATE
      Berfungsi untuk menggabungkan beberapa teks menjadi satu. Misalnya ada beberapa tulisan terpisah menjadi beberapa sel. Maka kita dapat menggabungkan tulisan tersebut menjadi satu sel yang berbeda.
      Rumusnya adalah "=CONCATENATE(text1;text2;...)"

      Rumus Concatenate

    • LEFT
      Fungsi Left digunakan untuk mengambil beberapa karakter teks dalam sel dimulai dari sebelah kiri.


    • RIGHT
      Berfungsi untuk mengambil beberapa karakter teks dalam sel dimulai dari sebelah kanan.


    • MID
      Berfungsi untuk mengambil beberapa karakter teks dalam sel pada bagian tengah teks.


    • LOWER
      Berfungsi untuk mengubah penulisan teks menjadi huruf kecil.



    • UPPER
      Berfungsi untuk menubah penulisan teks menjadi huruf kapital.

    • PROPER
      Berfungsi untuk mengubah tulisan teks menadi huruf kapital di setiap awal kata.
      Add caption



  3. Fungsi Statistik
    Merupakan fungsi sederhana yang digunakan untuk menghitung nilai dari suatu sel/range.
    • SUM
      Berfungsi untuk menjumlahkan kumpulan data pada suatu range.
      "=SUM(number1;number2;...)"
    • PRODUCT
      Berfungsi untuk mengalikan kumpulan data pada suatu range/sel. Pada rumus pengkalian kita juga dapat menggunakan fungsi bintang (*) untuk mengalikannya.
      "=PRODUCT(number1;number2;...)"
    • MAX
      Berfungsi untuk mencari nilai tertinggi pada suatu range.
      "=MAX(number1;number2;...)"

    • MIN
      Berfungsi untuk mencari nilai terendah pada suatu range.
      "=MIN(number1;number2;...)"
    • AVERAGE
      Berfungsi untuk mencari nilai rataa-rata pada suatu range.

      "=AVERAGE(number1;number2;...)"
    • COUNT
      Berfungsi untuk menghitung jumlah sel numerik pada suatu range.

      "=COUNT(number1;number2;...)"


      Semoga Bermanfaat ^^








0 komentar:

Posting Komentar